KTI KOMUNITAS : KELUARGA DENGAN TBC

|

BAB I
PENDAHULUAN

A.            Latar Belakang
Tuberculosis paru adalah suatu infeksi yang disebabkan oleh Basil mycrobacterium tuberculosis yang secara khas ditandai oleh pembentukan granuloma dan menimbulkan nekrosis jaringan. Infeksi ini dapat mengenai berbagai organ didalam tubuh yang paling sering terkena adalah jaringan paru.
Sebelum masa perang dunia II tuberculosis paru merupakan penyakit yang sangat ditakuti, karena dianggap sebagai penyakit yang tidak dapat disembuhkan, dan kalaupun sembuh akan memberikan kecacatan. Dengan ditemukannya obat-oat anti tubercolosis (OAT) terutama yang bersifat bakterisid, pengobatan terhadap penyakit ini mengalami kemuajuan pesat.
Walaupun penyakit ini sudah dapat disembuhkan dengan OAT, tetapi dinegara yang sedang berkembang penyakit ini masih tetap merupakan masalah kesehatan yang utama.
Di Indonesia penyakit tuberculosis paru menduduki urutan keempan untuk angka kesakitan, setelah influensa, infeksi saluran nafas akut dan broncitis, serta merupakkan penyebab kematian nomer empat setelah infeksi saluran nafas bawah, diare dan jantung koroner. Tingginya angka kesakitan dan kematian akibat penyakit ini disebabkan oleh berbagai faktor antara lain : rendahnya penghasilan, kepadatan Penduduk, tingkat pendidikan yang rendah, serta pengetahuan kesehatan yang kurang dari masyarakat. (Faisal, 2006).
Dari hasil surve ke puskesmas Banjarejo terdapat yang dilakukan oleh mahasiswa PKL, pada tanggal 22 Juni 2010 di desa Sumberagung .................. Sedangkan di dukuh Temboro didapatkan 6 penderita tuberculosis paru dan sekarang menjalani pengobatan, pengobatan dilakukan secara teratur. ada satu penderita suspek tetapi tidak mau periksa karena keterbatasan biaya. Dari data tersebut penulis terdorong untuk  memberikan Asuhan Keperawatan pada Keluarga Tn.M dengan masalah utama TB paru.
Selengkapnya silahkan klik link di bawah ini :

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 HUDENIZIA BLOG | Template Blue by TNB