Askep Syok

|

BAB I
PENDAHULUAN
               Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang sangat mudah memberikan suatu manifestasi klinik apabila timbul gangguan pada tubuh. Salah satu gangguan tersebut dapat disebabkan oleh reaksi alergi terhadap suatu obat. Erupsi obat alergi atau allergic drug eruption itu sendiri ialah reaksi alergi pada kulit atau daerah mukokutan yang terjadi sebagai akibat pemberian obat dengan cara sistemik. Berbagai bentuk akibat dari reaksi tersebut dapat terjadi syok dan yang terburuk adalah kematian.
               Apabila terjadi syok maka langkah pertama untuk bisa menanggulangi syok adalah harus bisa mengenal gejala syok itu sendiri. Tidak ada tes laboratorium yang bisa mendiagnosa syok dengan segera. Diagnosa dibuat berdasarkan pemahaman klinik tidak adekuatnya perfusi organ dan oksigenasi jaringan. Langkah kedua dalam menanggulangi syok adalah berusaha mengetahui kemungkinan penyebab syok.
               Syok anafilaktik merupakan salah satu dari resiko pemberian obat baik melalui suntikan ataupun cara lain sehingga kemungkinan terjadinya reaksi pada pemberian obat harus selalu dipertimbangkan. Selain itu juga karena faktor alergen makanan. Reaksi anafilaktik terjadi sebagai akibat dari reaksi antigen-antibodi dan antigennya dapat berasal dari obat atau makanan. Reaksi ini dapat berkembang menjadi suatu kegawat daruratan berupa syok akut, gagal nafas, henti jantung dan kematian mendadak.
               Sejauh ini belum didapatkan angka kejadian yang tepat terhadap kasus alergi obat yang dapat menimbulkan syok anafilaksis, tetapi berdasarkan data yang berasal dari rumah sakit, studi epidemiologi, uji klinis terapeutik obat dan laporan dari dokter, diperkirakan kejadian alergi obat sehingga timbul syok anafilaktik adalah 2% dari total pemakaian obat-obatan atau sebesar 15-20% dari keseluruhan efek samping pemakaian obat-obatan pada 2,7% dari 48.000 pasien yang dirawat. Meskipun mendapatkan penanganan, 60-85% berakhir dengan kematian.


Selengkapnya silahkan klik link Download

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 HUDENIZIA BLOG | Template Blue by TNB