ASKEP LIPOSARKOMA

|


Pengertian
Sarcoma adalah pertumbuhan maligna jaringan mesodermal (misal jaringan ikat, otot, tulang)  (Hinscliff, 1999 : 192).
Liposarkoma adalah tumor ganas atau kanker pada jaringan lemak, yang biasanya dicirikan oleh adanya diferensiasi abortif sel – sel menjadi liposit (Behrman, 1992 : 30).
Liposarkoma dapat ditemukan dimana – mana, umpamanya di retroperitonium.  Tumor ini memang sudah ganas dari awalnya dan hampir tidak pernah berasal dari perubahan keganasan suatu lipoma (Sjamsuhidajat, 1997:  1262).
Liposarkoma jarang terjadi dan cenderung lebih membentuk tonjolan.  Terjadi dari sel – sel mesenkim primitif, beberapa diantaranya membawa vakuola – vakuola lipid yang harus ada paling sedikit beberapa sel. Sesungguhnya liposarkoma dapat timbul dimana saja pada tubuh diluar jaringan adiposa.  Sebagian besar terjadi di jaringan – jaringan lunak dalam dan meneruskan perjalanan penyakit yang sangat tergantung pada gambaran sistologiknya. Liposarkoma miksoid cenderung merupakan tumor – tumor derajat rendah, yang sering kambuh, mempunyai perjalanan penyakit yang sulit diobat dan metastasis lambat.   Sebaliknya, liposarkoma sel bulat dan liposarkoma pleomorfik adalah sarkoma – sarkoma derajat tinggi dan agresif (85% sampai 90% bermetastase)  (Robbins, 1999 :  758 – 759).
Liposarkoma merupakan tipe yang paling umum dari sarkoma jaringan lunak.  Sarkoma jaringan lunak merupakan tumor yang jarang, yang tumbuh dan berkembang dalam jaringan yang diturunkan dari embrionik mesoderm.  Sarkoma ini mungkin terjadi dimana – mana tetapi paling sering terjadi pada daerah paha
 (Gale, 1999 : 245).
Selengkapnya silahkan klik link di bawah ini

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 HUDENIZIA BLOG | Template Blue by TNB