KTI KEPERAWATAN ANAK DENGAN GASTROENTERITIS

|


BAB I
PENDAHULUAN

A.       LATAR BELAKANG
Salah satu tujuan pembangunan kesehatan menuju Indonesia Sehat 2010 adalah untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang optimal guna terciptanya masyarakat, bangsa dan negara dengan penduduk hidup sehat dalam lingkungan yang sehat dan memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang optimal diseluruh Indonesia (Depkes, 2001).
Sejalan dengan ini tujuan pembangunan kesehatan di Indonesia maka seseorang dikatakan sehat bila dalam keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi ( Depkes RI, 2001). Sehubungan dengan hal tersebut maka secara umum pelayanan kesehatan di Indonesia dilakukan dengan upaya peningkatan melalui usaha promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif. Kesemuanya ini akan diharapkan akan tercapai tujuan pelayanan prima seperti: mempercepat penyembuhan, mengurangi angka kematian, kesakitan dan mengurangi kemungkinan tertularnya penyakit yang sama (Ngatimin, 1999).
Peningkatan derajat kesehatan masyarakat banyak dipengaruhi oleh penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Upaya penyelenggaraan dilakukan secara mandiri atau bersama-sama dalam suatu organisasi, untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perseorangan, kelompok dan masyarakat (Syaifuddin, 2000).
Menurut Word Health Organization (WHO) menyatakan bahwa tujuh dari sepuluh kematian anak di negara berkembang dapat disebabkan oleh lima penyebab utama yakni salah satunya adalah gastroenteritis yang masih merupakan salah satu penyebab utama mortalitas anak-anak di berbagai negara yang sedang berkembang. Setiap tahunnya lebih dari satu milyar kasus gastroenteritis sebanyak 3,3 juta kasus gastroenteritis pada balita setiap tahun dengan 2-3 % kemungkinan jatuh kedalam keadaan dehidrasi. Data Departemen Kesehatan RI, menyebutkan bahwa angka penyakit gastroenteritis di Indonesia saat ini adalah 230-342 per 1000 penduduk untuk semua golongan umur dan 60 % kejadian gastroenteritis tersebut terjadi pada balita yang sebagian mengakibatkan kematian.
Penyakit gastroenteritis merupakan salah satu masalah di Indonesia karena sering menimbulkan wabah. Data Departemen Kesehatan RI menyebutkan bahwa angka kejadian gastroenteritis untuk umur anak 230-342 penderita per 1000 penduduk setiap tahunnya, sedangkan angka kematian mencapai 4 per 1000 anak.
untuk mengetahui selngkapnya silahkan klik link di bawah ini, link terbagi menjadi 5 pada tiap-tiap bab.
  1. KTI ANAK GASTRO BAB I
  2. KTI ANAK GASTRO BAB II 
  3. KTI ANAK GASTRO BAB III
  4. KTI ANAK GASTRO IV
  5. KTI ANAK GASTRO BAB V
  6. PATHWAY

1 Comentário:

Unknown mengatakan...

link downloadnya mati gan

Posting Komentar

 

©2009 HUDENIZIA BLOG | Template Blue by TNB