KTI KEPERAWATAN ANAK DENGAN DIARE

|


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Penyakit diare atau gastroenteritis merupakan suatu penyakit penting disekitar masyarakat yang masih merupakan sebab utama kesakitan dan kematian seseorang terutama pada anak.  Hal ini tercermin banyak orang yang menderita penyakit diare atau gastroenteritis yang keluar masuk dari rumah sakit.  Faktor penyebab dari penyakit gastroenteritis diantaranya adalah kesehatan lingkungan, higiene perorangan, keadaan gizi, faktor sosial dan ekonomi.  Walaupun banyak kasus gastroenteritis yang mengalami dehidrasi, namun banyak pula yang meninggal bila tidak dilakukan tindakan - tindakan yang tepat.
Gastroenteritis sampai saat ini masih merupakan masalah kesehatan, tidak saja di negara berkembang tetapi juga di negara maju.  Penyakit gastroenteritis masih sering menimbulkan KLB (Kejadian Luar Biasa) dengan penderita yang banyak dalam waktu singkat. (Nursalam, 2005).
Gatroenteritis sebagai salah satu gangguan pencernaan yang sering terjadi pada anak antara usia 6 bulan sampai 2 tahun atau pada bayi di bawah usia 6 bulan sampai minum susu formula makanan bayi. (WHO, 1999)

Untuk mengetahui selengkapnya silahkan klik link di bawah ini, terdiri dari 4 link tiap - tiap bab :

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 HUDENIZIA BLOG | Template Blue by TNB