ASKEP TRAUMA GINJAL

|


BAB I
PENDAHULUAN

            Di dalam tubuh manusia selalu terjadi proses input dan output zat-zat untuk mempertahankan homeostasis atau status dinamis ekuilibrium dari lingkungan internal yang sangat penting untuk kehidupan. Tubuh harus memiliki sarana eliminasi produk sisa yang dihasilkan karena metabolisme. Yang lebih utama lagi adalah tubuh harus mampu mengatur volume cairan, komposisi elektrolit, keseimbangan asam dan basa. Kedua ginjal dan struktur system urinaria berperan besar dalam pengaturan intenal. Sebagian gangguan dari urinaria yang akan dibahas yaitu mengenai trauma ginjal dan retensi urin.

            Ginjal merupakan bagian system urogenital yang berfungsi vital mengsekresikan air kemih dan pengeluaranya dari tubuh, juga merupakan salah satu mekanisme terpenting homeostasis. Fungsi dari ginjal tersebut adalah:
  1. Berperan penting dalam pengeluaran zat-zat toxic atau racun
  2. Mempertahankan suasana water balance
  3. Mempertahankan keseimbangan asam basa cairan tubuh
  4. Mempertahankan keseimbangan garam-garam dan zat-zat lain dalam darah

Trauma ginjal merupakan trauma saluran kemih yang sering dijumpai, baik disebabkan oleh trauma tumpul atau trauma tajam. Sedangkan retensi urin merupakan gangguan pengosongan urin di kandung kemih yang harus dianggap kegawatan dan segera dilakukan usaha pengosongan kandung kemih. Keduanya merupakan sebagian penyakit yang memerlukan pertolongan segera. Tujuan pertolongan yang serentak adalah mengusahakan drainase urin yang sempurna untuk mencegah kerusakan ginjal.

Untuk mengetahui selengkapnya silahkan klik link berikut ini

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 HUDENIZIA BLOG | Template Blue by TNB